Jenis Riset dan Pendekatan Penelitian (Tugas)

01.54 RetnoAfni 0 Comments


 Metodologi Penelitian Pendidikan; Selasa, 29 September 2015
 
Riset adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menerjemahkan informasi atau data secara sistematis untuk menambah pemahaman kita terhadap suatu fenomena tertentu yang menarik perhatian kita.
No
Permasalahan
Jenis Penelitian
Pendekatan Penelitian
1.                   
Perubahan Kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013
Penelitian evaluasi
Kualitatif

2.                   
Penilaian autentik dalam kurikulum 2013 merepotkan
Penelitian evaluasi
Kualitatif dan kuantitatif
3.                   
Siswa belum menjadi subjek belajar, belum mampu berfikir kritis dan kreatif.
Penelitian Assesment
Kualitatif

Permasalahan 1 dan 2 menggunakan jenis penelitian evaluasi karena penelitian yang diharapkan dapat memberikan masukan atau mendukung pengambilan keputusan tentang nilai relatif dari dua atau Iebih alternatif tindakan, serta untuk melihat apakah program dirancang, dilaksanakan, dan bermanfaat bagi pihak - pihak yang terlibat dalam program. Pada pelaksanaannya evaluasi program bermaksud mencari informasi sebanyak mungkin untuk mendapatkan gambaran rancangan dan pelaksanaan program. Hasil evaluasi tersebut akan digunakan bagi pihak yang berkepentingan untuk mengambil keputusan. Jadi penelitian evaluasi adalah penelitian yang dilakukan untuk pengambilan keputusan. Permasalahan 3 menggunakan jenis penelitian assesment karena menentukan perubahan berdasarkan perlakuan tertentu.
Penggunaan pendekatan kualitatif untuk permasalahan 1 dan 3 dipakai karena data yang diperoleh bisa lebih fleksibel dalam metode pengumpulan datanya. Sedangkan untuk permasalahan 2 menggunakan pendekatan gabungan antara kualiatif dan kuantitatif karena nantinya data yang diperoleh dapat berupa saran dan komentar. Sedangkan data kuantitatif yaitu data berupa skor hasil penilaian-penilaian.

0 komentar: