Jenis dan Pendekatan Penelitian

00.52 RetnoAfni 3 Comments


Metodologi Penelitian Pendidikan; Selasa, 29 September 2015
Jenis – Jenis Penelitian
1.        Deskriptif
Penelitian deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk menyajikan  gambaran lengkap mengenai situasi sosial atau dimaksudkan untuk melakukan eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial, dengan jalan mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti antara fenomena yang diuji.
2.        Eksploratif
Penelitian eksploratif adalah penelitian yang belum pernah di temukan atau yang belum ada sebelumnya.Penelitian ini dilakukan dengan mengeksplor atau mendeskripsikan sesuatu yang tadinya belum ada.
3.        Konfirmatori
Penelitian konfirmatori adalah penelitian untuk membuktikan teori benar tidaknya teori yang di nyatakan oleh orang lain. Contohnya, secara teori ada hubungan antara prestasi dan motivasi. Masing-masing penelitian tersebut sudah diteliti oleh peneliti sebelumya, jadi yang dilakukan untuk penelitian saat ini hanya mengkonfirmasi teori yang sudah ada.
4.        Pengembangan (R&D)
Penelitian pengembangan adalah penelitian yang tidak hanya membuat sesuatu yang baru, tetapi juga dapat memperbaiki sesuatu tersebut sehingga diperoleh sintesis pengetahuan baru.
5.        Phenomenologi
Penelitian phenomenologi adalah penelitian ilmu tentang gejala. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Misalnya gelaja masyarakat di suatu suku di Papua. Ciri-ciri utama penelitian ini adalah dengan memperoleh informasi yang lebih akurat dari suatu fenomena. Untuk meneliti dengan seksama, bagaimanapun caranya/metodenya, sedapat mungkin untuk lebih dekat dengan responden/objek yang diteliti.
6.        Content Analysis
Penelitian content analysis adalah penelitian atas penelitian. Termasuk di dalamnya juga analisis isi. Selain itu pula penelitian content analysis ini disebut dengan meta analisis (penggabungan beberapa hasil penelitian).
7.        Hermeneutik
Penelitian hermeneutik adalah penelitian tentang riset bahasa, hampir sama dengan phenomenologi namun lebih terfokus pada bahasa.  Misalnya penelitian hermeneutik bahasa jawa, seorang peneliti meneliti objek penelitiannya, kapan seorang pendatang dari Jawa bisa keluar dialek jawa aslinya. Setelah di teliti, keluarnya dialek ketika sedang marah, bertemu teman, dan sebagainya.
8.        Penelitian dasar/murni : menemukan pengetahuan, generalisasi teori 
9.        Penelitian terapan : aplikasi teori untuk memperbaiki proses
10.    Penelitian Tindakan : menemukan dasar pengetahuan praktis, skope terbatas
11.    Penelitian Evaluasi : mencari umpan balik untuk memperbaiki sistem
12.    Penelitian Assesmen : menentukan perubahan berdasarkan perlakuan tertentu 



Pendekatan Penelitian

·        Kuantitatif
Metode penelitian kuantitatif  merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Definisi lain menyebutkan penelitian kuantitatif adalah penelitian yang banyak menuntut penggunaan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Demikian pula pada tahap kesimpulan penelitian akan lebih baik bila disertai dengan gambar, table, grafik, atau tampilan lainnya.

·         Kualitatif
Penelitian kualitatif merupakan metode baru karena popularitasnya belum lama, metode ini juga dinamakan postpositivistik karena berlandaskan pada filsafat post positifisme, serta sebagai metode artistic karena proses penelitian lebih bersifat seni (kurang terpola), dan disebut metode interpretive karena data hasil peneletian lebih berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang di temukan di lapangan.metode penelitian kuantitatif dapat di artikan sebagai metode penelitian yang di gunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu,pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistic, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang teleh di tetapkan. Metode penelitian kualitatif sering di sebut metode penelitian naturalistik karena penelitianya di lakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting), di sebut juga metode etnographi, karena pada awalnya metode ini lebih banyak di gunakan untuk penelitian bidang antropologi budaya.


·         Gabungan (kuantitatif dan kualitatif)
Metode pendekatan penelitian gabungan adalah metode pendekatan penelitianyang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan ini melibatkan asumsi-asumsi filosofis serta melibatkan kedua metode ini secara kolektif.(Creswell,2009)


3 komentar:

  1. Jika sumber lebih jelas dan deskripsi lebih detail akan lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, saya akan berusaha untuk lebih baik kedepannya

      Hapus