Pengembangan Video Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika Topik Segi Empat dan Segitiga SMP Kelas VII (abstrak)

15.13 RetnoAfni 0 Comments



Nurafni Retno Kurniasih. 2014. Pengembangan Video Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika Topik Segi Empat dan Segitiga SMP Kelas VII”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

ABSTRAK
Dalam implementasi kurikulum 2013, pendidik masih mengalami kendala dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Untuk itu diperlukan contoh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Salah satu contoh yang diharapkan pendidik adalah dalam bentuk video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimanakah cara mengembangkan video pembelajaran,(2) mengetahui seberapa besar tingkat kelayakan video pembelajaran,(3) mengetahui respon guru terhadap video pembelajaran,dan (4) untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika topik segi empat dan segitiga SMP kelas VII.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Langkah-langkah yang harus diikuti meliputi lima langkah yaitu (1) Analisis, dengan menganalisis kebutuhan, kurikulum, lokasi dan teknologi (2) Desain, dengan membuat RPP, skenario pembelajaran, treatment, shooting list, reading-rehearsal talent, rencana anggaran, dan menyusun instrumen penelitian, (3) Pengembangan, dengan melakukan shooting dan editing video (4) Implementasi, dengan melakukan uji coba video dan (5) Evaluasi .Penelitian dilaksanakan di SMP N 1 Imogiri. Data penelitian ini didapat dari wawancara dan angket. Data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk keperluan evaluasi media.
Penelitian ini telah mengembangkan video pembelajaran untuk implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika topik segi empat dan segitiga dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media dan materi video pembelajaran tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 86,89% dan 88,33%. Hasil respon guru tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 86,04% dan respon siswa tergolong dalam kategori baik dengan persentase sebesar 83,67%. Dengan demikian video pembelajaran matematika untuk implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika topik segi empat dan segitiga dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Kata kunci : video pembelajaran, kurikulum 2013, segi empat

0 komentar: