Pengembangan Video Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika Topik Segi Empat dan Segitiga SMP Kelas VII (abstrak)
Nurafni
Retno Kurniasih. 2014. ”Pengembangan
Video Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran
Matematika Topik Segi Empat dan Segitiga SMP Kelas VII”. Skripsi.
Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
ABSTRAK
Dalam implementasi
kurikulum 2013, pendidik masih mengalami kendala dalam menerapkan pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Untuk itu
diperlukan contoh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dan
penilaian autentik. Salah satu contoh yang diharapkan pendidik adalah dalam
bentuk video pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk: (1) mengetahui
bagaimanakah cara mengembangkan video pembelajaran,(2) mengetahui seberapa besar tingkat kelayakan video pembelajaran,(3) mengetahui respon guru terhadap video pembelajaran,dan (4) untuk mengetahui respon siswa
terhadap pembelajaran matematika topik segi empat dan segitiga SMP kelas VII.
Penelitian
pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation and Evaluation).
Langkah-langkah yang harus diikuti meliputi lima langkah yaitu (1) Analisis,
dengan menganalisis kebutuhan, kurikulum, lokasi dan teknologi (2) Desain,
dengan membuat RPP, skenario pembelajaran, treatment,
shooting list, reading-rehearsal talent, rencana anggaran, dan menyusun
instrumen penelitian, (3) Pengembangan, dengan melakukan shooting dan editing video
(4) Implementasi, dengan melakukan uji coba video dan (5) Evaluasi .Penelitian
dilaksanakan di SMP N 1 Imogiri. Data penelitian ini didapat dari wawancara dan
angket. Data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk
keperluan evaluasi media.
Penelitian
ini telah mengembangkan video pembelajaran untuk implementasi kurikulum 2013
pada pembelajaran matematika topik segi empat dan segitiga dengan menggunakan
model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media dan materi
video pembelajaran tergolong
dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 86,89% dan 88,33%. Hasil respon guru tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase
sebesar 86,04% dan respon siswa tergolong dalam
kategori baik dengan persentase sebesar 83,67%. Dengan demikian video pembelajaran
matematika untuk implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika topik
segi empat dan segitiga
dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.
Kata kunci : video
pembelajaran, kurikulum 2013, segi empat
0 komentar: